Mengapa Pria dan Wanita Saling Merindukan

Mengapa Pria dan wanita saling merindukan:  Anak-anak saya sudah remaja, mulai masuk ke gerbang pergaulan sosial  berbumbu asmara. Mereka mulai  jatuh cinta. Begitu pula efek yg lain dari jatuh cinta yaitu patah hati. Salah satu dari mereka telah mengalaminya.Telak!

mengapa pria dan wanita saling merindukan

Mawar merah yang banyak dilibatkan dalam persoalan asmara

Ada yang berasumsi jatuh cinta  pada masa remaja hanya cinta monyet. Satu kisah yang tak perlu dianggap  serius. Karena emosi  masih labil,  penuh goncanga dalam tahap pencarian jati diri. Untuk beberapa alasan saya tidak setuju. Karena apa? Karena definisi cinta monyet hanya ada di kamus orang dewasa. Di pihak anak-anak, mereka jatuh cinta secara  serius. Melihat bagaimana Si Bungsu menghias dan merawati diri setiap hari, bagaimana telitinya dia mengamati penampilan tiap akan bertemu sang pacar dan bagaimana malam-malam tidak bisa tidur jika sedang bertengkar. Begitu pula saat melihat bagaimana terlukanya si sulung dalam pengalaman cinta pertamanya. Pengalaman yang tentunya akan membekas seumur hidup.

Jadi dari pengalaman mengamati dua kisah cinta remaja ini bagaimana mungkin saya melabeli kisah cinta mereka sebagai cinta monyet? Belum lagi pengalaman sendiri yang berdarah-darah. Jadi tak perlu berpanjang. Dunia ini sudah penuh kisah yang katanya berawal dari cinta monyet tapi berakhir dengan perubahan sejarah umat manusia. Pria dan wanita saling merindukan tak terkait dengan cinta monyet. Cinta ya cinta saja.

anggrek bunga cinta

Mengapa Pria dan Wanita Saling Merindukan?

Kebudayaan Yunani  kaya oleh literature tentang kisah asmara antara pria dan wanita. Salah satunya mengenai asal mula mengapa kita saling jatuh cinta. Begini kisahnya :

Pada suatu masa , kita,  manusia ini sangat berbeda. Kita memiliki tiga jenis kelamin. Setiap kelamin memiliki dua set lengan, dua set kaki, dan dua wajah. Sekalipun  tidak pernah tahu tentang cinta, penciptaan seperti itu  sudah selesai, sudah sempurna dan kita tidak memerlukan apa-apa lagi. Kita makhluk super.

Di lain pihak kekuatan ini membuat   para dewa jadi takut. Manusia tidak boleh terlalu sempurna karena itu menggerogoti privileged kedewaan  mereka. Lalu Zeus menurunkan  gunting-tajam berupa petir. Ia pisahkan makhluk tersebut jadi  dua. Dan saat ini kita  semua membawa bekas luka dan  kenangan akan pemisahan tersebut  lewat  pusar.  Dan  Zeus tidak hanya pencemburu tapi juga kejam. Untuk melengkapi hukuman, kita dipisahkan dan disebar secara geografis dari bagian asal tubuh kita sendiri. Itu lah mengappa setiap kali mengingat bagian yang terpisah itu kita mengalami rasa sakit. Karena pemotongan tersebut tepat ditengah dengan garis lurus turun melalui hati.  Lalu kita sebut rasa sakit ini sebagai  rindu, buah dari cinta.

Pertama baca kisah ini saat remaja saya percaya, antara tertawa dan nangis. Kok ya asal usul cinta asmara umat manusia begitu sedihnya? Mengapa kita, dua makhluk berkaki  dua selalu kesepian dan saling mencari?  Bahwa kita hanya setengah bagian dari satu membuat kita benar-benar  tidak sempurna. Kita memerlukan bagian lain untuk membuatnya diri jadi lengkap. Sebelum kita menemukan belahan yang terpisah itu kita akan tetap kesepian dan mencari.

Cili dalam tradisi Bali adalah simbol kekuatan keindahan dan kesuburan yang dilambangkan dengan figur perempuan

Cili dalam tradisi Bali adalah simbol kekuatan keindahan dan kesuburan yang dilambangkan dengan figur perempuan dengan ciri khas bentuk segitiga

Benarkah cuma kamu satu-satunya?

Kemudian timbup pertanyaan: Benarkah  cuma butuh satu orang untuk menyempurnakan diri? Bagaimana kisah cinta yang berawal manis dan berakhir pahit? Benar kah seseorang yang telah membuat kita patah hati adalah bagian yang dipotong Zeus? Terus mengapa kita bisa jatuh cinta lagi pada orang berbeda? Di mana batasnya?

Iya cerita di atas memang cuma mitos dari Yunani. Mungkin ada benarnya mungkin juga tidak.  Kalau cek  realitas, bertemu, jatuh cinta lalu berpisah merupakan kisah keseharian umat manusia. Perpisahan dari satu orang membuka pintu bagi yang lain masuk ke dalam hidup kita. Kadang cinta yang ke-2 dan seterusnya lebih baik dari yang pertama.

Bunga matahari adalah Persefone yang dikutuk Helios karena gadis cantik itu jatuh cinta padanya

Bunga matahari adalah Persefone yang dikutuk Helios karena gadis cantik itu jatuh cinta padanya

Saling Merindukan di luar Cinta Romantis

Berbeda dengan cinta romantis pria-wanita, ada cinta lain yang membuat manusia juga saling merindukan. Hubungan yang tak didikte cinta romantis biasanya berlangsung mendalam. Diantaranya adalah persahabatan sejati dan relasi antara orangtua dan anak.

Cinta romantis merupakan kesenangan yang kalau dikelola dengan baik akan  mengarah pada   pertumbuhan. Kindahan  dan sukacitanya pupuk bagi rohani. Tapi kalau kamu sedang patah hati dan kebetulan mampir ke blog ini, ketahui lah satu hal: Cinta romantis memang segalanya tapi tidak selamanya  adalah dataran tinggi yang harus didaki . Mungkin kamu sedang terluka karena merasa ditinggalkan, beri peluang waktu lewat dan memberimu penawaran terbaik lainnya.

Sementara itu cinta dalam perspektif  yang lebih luas sangat menjanjikan untuk dijadikan eksplorasi hidup sehari-hari. Misalnya sumbangkan diri agar kehidupan di sekeliling lebih baik. Temukan gunung bakti untuk di daki, lembah untuk dituruni, dan laut untuk diselami.  Pada akhirnya sebuah lapangan pengabdian terbuka lebar yang akan membahwa kita pada padang bunga kehidupan yang lebih indah.

Sudah kah kamu jatuh cinta hari ini?

Bookmark the permalink.

9 Comments

  1. aku malah baru tahu tentang cerita ini, heee

  2. Ah so sweet bangey Tante.. Aku bacanya jadi merasakan kerinduan kepada seseorang..

  3. Merinding ih bacanya. Pencarian cinta itu penuh liku. Dan, sampai saat ini masih tanda tanya besar ya Mba. Tapi aku suka tagline Cinta ya cinta saja. Nggak ada yang namanya cinta monyet. :))

  4. Anak saya sekarang usianya baru 1 tahun. Tapi kalau melihat ke depan dan membayangkan ketika dia memasuki usia remaja dan mulai jatuh cinta, waduh deg2an jadinya.

    • Deg2an atau tidak, suatu saat masa itu akhirnya akan datang P Adity. Kita tidak bisa menghindar dari hukum alam. Yang bisa kita lakukan hanyalah memberi tahu rambu-rambu, apa yg boleh mereka lakukan dan mana yg akan mendapat sangsi dari masyarakat dan Tuhan. Setelah itu kita serahkan mereka kepada alam. Sebab kita tidak bisa mengatur hati dan perasaan mereka 🙂

Leave a Reply