Ini Kendaraan Niaga yang Dibutuhkan Pengusaha

Bagi pengusaha  gula aren seperti saya memiliki kendaraan niaga yang tepat  merupakan  keharusan. Awalnya sudah merasa cukup dengan kendaraan kecil yang bisa mengangkut sekian ratus kilo. Karena permintaan masih rendah tak mengalami istilah “harus terseok-seok di jalan” karena kelebihan muatan. Seiring waktu usaha berkembang dan pelanggan juga terus bertambah. Dari angkutan sekitar ratusan kilo kebutuhannya bergerak ke arah tonase.  Dan Arenga Indonesia  yang hanya punya kendaraan angkut dengan kapasitas kecil mulai terseok-seok. Tidak satu atau dua kali kondisi ini jadi penggangu  kelancaran operasi harian. Akibatnya jelas, sistem transportasi yang tak efisien berujung pada banyak kerugian. Lantas saya dan suami pun mulai bermimpi agar agar suatu hari sanggup membeli kendaraan dengan daya angkut lebih besar.

Tata Ultra Box yang menarik perhatian saya

Tata Ultra Box yang menarik perhatian saya

Makanya begitu mendarat di arena pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2016) saya pun langsung terkesima. Di sana berdiri Tata Ultra,  the business utility vihacle dalam bentuk light box truck. Kami berangan-angan memiliki truk seperti ini. Menyaksikan ia  berdiri kokoh  di booth Tata Motors Indonesia seperti melihat mimpi yang  meloncat ke realita. Untuk jenis angkutan berat, tongkrongan anggun, penampilan futuristic, cat putih millenium, berkilat, kapasitas box yang saya yakin dapat memuat 5 ton gula aren sekali angkut. Saya melirik pada suami, “kapan kita bisa punya mobil seperti ini?”

Kunjungan saya bersama teman-teman blogger ke pameran motor terbesar se-Asia Tenggara ini sungguh membuka wawasan. Selama ini saya berpikir bahwa yang disebut dengan kendaraan niaga itu terbatas hanya pada merek tertentu dan ukuran tertentu yang biasa beredar di pasar. Melongok ke area pamer TaTa Motors Distribusi Indonesia (TMDI) ketahuan banget kalau saya kurang piknik. Coba deh ya, selain Tata Ultra,  untuk jenis Pickup saja mereka menyediakan 3 jenis kendaraan. Dimulai dari kapasitas mesin 2,9L yang dimasukan ke keluarga Xenon Rx.  Dibawahnya ada Super Ace berkapasitas mesin 1.4 liter dan Ace EX 2 berkapasitas mesin 700CC.

Kendaraan Berbahan Bakar Irit Impian Semua Pengusaha!

Satu lagi yang membuka wawasan saya saat berkunjung ke GIIAS 2016 ini adalah bahwa semua kendaraan komersil yang diedarkan oleh Tata Motors Indonesia berbahan bakar solar. Mobil besar maupun kecil. Bahan bakar ini seperti kita tahu lebih murah dari premium. Apa lagi beberapa bulan pemerintah telah mengeluarkan kebijakan menurunkan harga solar, jadi memang sangat ekonomis. Saya kira tak perlu berpanjang lebar. Kalau bicara kendaraan berbahan bakar irit mau tak mau memang harus melirik pada Tata Motors Indonesia ini. Cocok lah dengan slogan mereka yang Think Business think Tata. Dan colekan kepada suami membuat saya tahu bahwa sebelum ini tak ada kendaraan komersil dengan kapasitas mesin kecil  seperti ini keluarga Ace EX 2 yang 700 CC tersebut.  Terus lagi, apa teman-teman pernah mendengar kendaraan kapasitas kecil menggunakan bahan bakar solar? Selama ini yang ada minimal yang saya tahu 1400 cc ke atas kan? Nah itu dia nilai tambah dari kendaraan bermerek Tata.

Jaminan spare part original sampai 15 tahun

Jaminan spare part original sampai 15.000 KM

  • Thing New Think Tata Ultra

Kelas Tata Ultra tidak hanya tampil dalam bentuk mobil box yang seperti saya angankan. Kelas kendaraan ini dapat dimofikasi mengikuti kebutuhan usaha. Seperti yang terpajang di area pameran, mengikuti tipe,  Tata Ultra tampil pula dalam truk bak terbuka. Ini cocok untuk usaha angkutan toko material, pasir, semen, maupun angkutan yang membutuhkan space luas.

Xenon RX Box

Xenon RX Box

Xenon XT

Xenon XT

  • Tata Xenon RX

Ini adalah pickup bermoncong. Mesin diesel 1.4L terletak di depan. Pastinya kendaraan niaga seperti ini sangat nyaman bagi pengendara maupun penumpang. Melihat penampilannya saya membayangkan moda ini ditujukan bagi produk yang membutuhkan cool storage seperti ice cream dan makanan beku.

  • Super Ace

Beberapa kali menaiki jenis kendaraan seperti Tata Super Ace, membuat ingatan langsung melayang ke tempat-tempat wisata asyik. Iya jenis kendaraan seperti ini sering digunakan pengusaha travel untuk membawa tamu-tamu mereka. Padahal sebagai ambulance pun ia cocok tapi entah mengapa ingatan saya hanya pada soal traveling :).

Super Ace untuk ambulance

Super Ace untuk ambulance

  • ACE EX 2 – MOKO yang Menarik Perhatian

Kami mempunyai banyak rencana dengan bisnis gula aren. Walau semuanya tak bisa dieksekusi, cafe gula aren, termasuk salah bisnis yang ingin kami jalani. Tapi tentu saja untuk membuat cafe butuh persiapan tidak sedikit, entah dari segi permodalan maupun sumber daya lainnya. Perjalanan waktu dan tuntutan tak sedikit dalam mengelola Arenga Indonesia membuat rencana tersebut tetap berselubung mimpi hingga saat ini.

Tiba-tiba di GIIAS 2016 saya melihat mobil toko yang merupakan modifikasi dari Ace EX2. Duh tiba-tiba impian yang terkubur jadi bangkit lagi. Kalau pun belum bisa punya cafe permanen setidaknya masih bisa menghidupkan rencana lama lewat Moko keluaran Tata ini. Lagi pula bisnis seperti cafe selalu berpatokan pada lokasi. Lokasi strategis, konsep dan reposisi yang kuat, Insha Allah deh cafenya ramai. Kalau tidak ya harus rela gulung tikar. Nah dengan moko ini setidaknya beberapa resiko bisnis bisa dikurangi. Jika di suatu lokasi sepi dapat langsung dipindahkan ke lokasi lain.

Dan saya juga terpikir pada anak-anak muda yang memutuskan jadi entrepreneur sejak  dini. Bagi anak-anak muda kreatif, moko ini tentu saja cocok untuk memulai usaha.

Ex 2 mungil tapi kasipatas bisa mencapai 1 ton

Ex 2 mungil tapi kasipatas bisa mencapai 1 ton

Cocok lah ini untuk membuat Mobile Cafe Gula Aren

Cocok lah ini untuk membuat Mobile Cafe Gula Aren 🙂

Sepertinya ACE EX 2 yang dimodifikasi menjadi Cafe berjalan sore itu banyak menarik perhatian teman-teman. Di maklumi lah dengan memandang tampilan fisiknya saja sudah  membawa pikiran kita ke bidang usaha. Apa lagi jika memulainya dengan kendaraan kecil, irit, dan harga terjangkau, cita-cita untuk punya usaha sendiri rasanya tidak terlalu sulit diraih.

Begitu lah. Tipe-tipe kendaraan irit  yang dikeluarkan oleh perusahaan asal India ini. Mereka mempelajari dengan baik culture Indonesia sebelum meluncurkan produk ke pasar. Semua kendaraan niaga ini dirancang mengikuti kebutuhan, jenis dan besaran usaha. Contohnya Tata Ultra seperti yang saya sebut dalam paragraf di atas termasuk jenis kendaraan untuk usaha menengah ke atas. Makanya saya maklumi ketika suami pura-pura tak dengar pertanyaan ” Kapan kita punya mobil seperti ini?”

Dari melihat penampilan 4 jenis kendaraan  yang dipajang di booth Tata Motors Indonesia, mereka terlihat terspesialisasi di kendaraan komersil. Jadi jika sedang membutuhkan kendaraan dalam memajukan usahanya coba datang sekarang juga deh ke GIIAS 2016. Cari boothTata Motors Indonesia di Hall satu. Disana terpajang semua model kendaraan yang dimulai dari truk sampai pickup dengan spesifikasi dan harga yang beragam.

Bookmark the permalink.

54 Comments

  1. Yang paling keren yang pertama mbak, ini cocoknya untuk pengusaha yang sering melakukan pengiriman barang ya mbak ?

  2. Tampilanya keren, jadi pgen memilikinya. hehe

  3. Uni Evi, saya ketinggalan cakrawalakita, mantenginnya yang jurnal Evi Indrawanto saja. Hehe pengusaha produktif perlu beberapa’kendaraan niaga’ ide untuk mendistribusikan ide yg menderas nih Uni. nah yang kendaraan niaga ‘nyata’ ini jelas tuk memperluas distribusi bisnis gula aren. Sukses Uni, salam hangat

  4. Manfaat dari kendaraan tentu saja membantu proses pengiriman barang lebih cepat, apalagi didukung dengan kendaraan seperti Tata.

  5. Someday aku mau beli ini buat usaha ya Mba, doain ya Mba hehehe

  6. Itu dapet banget kang unggul foto di tata ace
    dah naksir banget keknya dia beli

  7. Lihat bodinya aja sudah terbayang kekuatannya.
    Yup, bungkus! 🙂

  8. Kalo ga salah Tata motor juga ga hanya ngeluarin kendaraan niaga aja ya?

  9. Itu Xenom kayaknya pas banget buat berpetualang. Kelihatan gahar banget.

  10. Tata motors ini after sales service nya macam mana ??? sudah banyak kah bengkel nya dll nya ???

  11. Gula Aren mau investasi kendaraan Tata Motors gak bun?
    akuuuuh jatuh cinta sama foto – foto jepretan bundooo. ngefans deh.

  12. Aku juga naksir Moko nya mba Evi. Imut tapi menghasilkan….mudah2an mimpi jadi nyata

  13. Truk nya kece badai ^_^

  14. macam macam ya Mbak produknya..sampe ada ambulance juga..

  15. klo pake yg double cabin itu bs sklian buat off road ya

  16. Produk Tata bagus-bagus, mas Anjar..

  17. Bagus tulisan dan foto2nya pak… kayanya tata bakal laris utk food trucknya ya…

  18. yang paling bikin mupeng itu mah ace EX2 mokko bentuknya mungil tapi bisa ngangkut sampai 5 ton

    • Iya kemarin saya perhatikan banyak sekali yang naksir pada Moko ini. Untuk anak-anak muda yang baru akan memulai usaha kendaraan ini cocok lah, Mas Anjar 🙂

  19. Jadi mau beli Tata Ultra nih mba. Keren sih ya 🙂

  20. Wah.. pasti Mba Evi langsung beli ke empat-empatnya nih

  21. Saya naksir Xenon, dipake traveling juga asyik kayaknya ya 🙂

  22. Tata Motors ini luar biasa bangat produknya, cocok untuk berbagai kebutuhan usaha. Klo saya naksir yang Moko, benar bangat bs jd cafe berjalan, pasti seru nih *ngayal punya si Moko 😀

  23. Aku jadi pengen buka usaha kalo begini.

  24. Foto model ambulansnya kece abiss yeee hahahaha

  25. Saya jujur Mba baru tau produk2 Tata Motors yang penuh inovasi ini.

  26. peroduk2nya Tata Motors ini emang cocok buat pengusaha ya mba Ev, kuat tapi hemat…

  27. Hiahahaha, memang ya, Mokonya menarik perhatian banget. Jadi pengen punya, siapa tahu bisa usaha kuliner dg si Moko ini 🙂

Leave a Reply