Hari Blogger Nasional dan Kredibilitas Blog

Tanggal  27 Oktober dinobatkan sebagai hari Blogger Nasional. Sebuah tengara bahwa aktivitas menulis dunia online kini mendapat pengakuan layak. Agenda yang perlu  diapresiasi bukan hanya dari kalangan blogger tapi juga masyarakat umum. Karena dengan khasanah blogging ini bisa turut memperkaya informasi, penyebaran pengetahuan, dan Insya Allah mempercepat kemajuan peradaban. Karena tak seorang pun bisa mengisi konten (bukan tukang copas) tanpa peningkatan taraf intelektualitas. Begitu pun tanpa kemampuan berpikir abstak mustahil seseorang bisa menulis. Dan kemampuan berpikir abstrak akan meningkat kalau seseorang terus belajar.

hari blogger nasional dan kredibilitas blog

Bunga membawa kredibilitasnya dari alam. Manusia harus membangunnya sendiri

 Blogging adalah media tiap orang bisa bersuara. Entah mengatakan pendapatnya tentang dunia, menerima pendapat dunia yang ia suarakan kembali, atau ingin mempengaruhi dunia lewat suaranya. Ini lah tempat bagi pemiliknya untuk berekpresi. Apapun boleh ditulis dalam blog pribadi. Hak bersuara terbuka lebar. Tak ada yang mengawasi ketika menulis.  Yang membatasi hanya azas dan patut yang mencakup hukum, moralitas, dan sistem nilai yang dianut oleh masyarakat. Coba-coba deh memfitnah orang dalam blog. Takan lama bola panas itu akan kembali padamu.

Sejak kemarin hashtag #BloggerCamp dan #LoveContent  mengalir deras dari ranah Twitter. Itu adalah cuit  yang dilakukan para blogger yang sedang mengikuti Blogger Camp 2015  di empat kota besar Indonesia: Bogor, Purwokerto, Makassar, dan Surabaya. Banyak hal yang mereka omong dan bincangkan yang tak bisa saya ikuti satu persatu. Maklum saya tidak berada di salah satu tempat tersebut. Namun dari gambaran besar yang bisa saya tangkap dari percakapan itu adalah bagaimana membangun blog yang kredibel.

Jika kamu punya blog namun sebagian besar isi blogmu berupa karya orang lain, apa lagi tanpa diserta sumber, tak perlu repot mengaku sebagai blogger. Kemunginan sebuatan yang tepat untukmu hanya pencuri. Begitu pun jika kamu menulis hanya untuk keperluan mesin pencari dan bukan manusia yang akan mendapat nilai tambah setelah membaca, rasanya kamu juga kurang cocok disebut blogger. Tepatnya kamu disebut teman mesin pencari kali ya? tapi saya kuatir mesin pencari pun sekarang lebih pandai untuk menjawab akal-akalan mu seperti itu. Sehari dua hari mungkin ia akan bersahabat, setelah itu ia akan menenggelamkanmu ke dasar laut. Tak ada kredibilitas jika aktivitas blogging hanya lewat cara itu.

Menurut KBBI kredibiltas adalah kata benda. Artinya menyangkut kepercayaaan. Mungkin banyak syarat yang harus dipenuhi sebelum sebuah blog memiliki kredibilitas alias bisa dipercaya. Mungkin banyak pula cara-yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya. Sayangnya saya tidak tahu harus bagaimana. Bahwa menulis di blog bagi saya semacam terapi agar berpikir runut. Walau telah bertahun-tahun melakukannya pikiran tesebut tetap susah dikendalikan dan tetap meloncat-loncat menyebalkan. Setidaknya dengan ngeblog memaksanya berpikir dalam satu kerangka, dalam satu disiplin agar orang mengerti apa yang saya tulis. Selebihnya seperti di Jurnal Evi Indrawanto menulis blog untuk mendokumentasikan beberapa perjalanan.

Apakah cara saya ngeblog seperti itu bisa membangun kredibilitas? Atau apakah blog saya sudah punya kredibilitas?  Tidak tahu. Yang jelas saya berusaha jujur dalam tiap tulisan. Kalaupun harus mengambil tulisan atau foto orang lain saya sebutkan sumbernya.

@eviindrawanto

Bookmark the permalink.

6 Comments

  1. saya blogger amatir… dan demen curcol di blog. akhir2 ini blog telah bisa menghasilkan uang. asyik pastinya. namun terkadang, saya rindu juga blog yang murni curhatan.. hehehehe

    • Iyaa mnak Dian, sekarang blog mulai bertebaran iklan. Nah kayaknya mesti benerapa blog ini, yg murni curhatan dan yg buat cari uang 🙂

  2. Kalau toh belum bisa menulis dgn kualitas tulisan yg bagus, setidaknya tidak menuliskan hal-hal yg justru menambah masalah baru ya Bu Evi.

    Selamat Hari Blogger NAsional

  3. Semoga kita selalu istiqamah berbagi dan tentu saja kontennya kredibel.
    I love your blog mbak… keep sharing ya :*

Leave a Reply