Solitaire dan Aku Sendiri

Aku tak mengenal permainan solitaire, bahkan tak tahu jenis permainan kartu apapun hingga detik ini. Sedih amat yah? Begitu lah. Kelihatannya ini warisan masa kecil yang menganggap permainan yang menggunakan kartu remi itu adalah jenis permainan tak baik bagi anak-anak. Tapi sebagai penggemar Carpenters tentu saja aku mengenal lagu Solitaire. Lagu yang menyuburkan hayalku pada masa tumbuh dulu bahwaΒ  suatu hari akan bertemu lelaki yang diceritakan dalam lagu ini lalu menikah dengannya. Sekarang coba menuliskan Solitaire dan aku sendiri demi ikut ngontes πŸ™‚

Lucunya sampai game Solitaire ngetop di internet, aku hanya tahu bahwa kata ini cuma dikatkan pada karakter penyendiri. Solitaire bagiku sama dengan Harry, tokoh dalamΒ  cerpen Ernest Hemingway, The Snow of Kilimanjaro. Bayangan Harry yang menjelajah Africa sendirian itu tertumpah semua dalam lagu Solitaire seperti berikut :

Another day, a lonely day
So much to say that goes unspoken
And through the night, his sleepless nights
His eyes are closed, his heart is broken

Kemudian sebagai penggemar hujan dan senja akhirnya sadar bahwa kesukaanku pada lagu Solitaire,Β  Harry, ataupun cerita-cerita petualangan ke negeri tak dikenal ala Old Shatterhand berkaitan dengan kesukaanku menyendiri. Aku lebih suka sendirian menjelajahi hobbi mengamati kehidupan diluar lingkungan sosialku. Tidak suka ada orang di belakang saat memilih buku-buku yang hendak kubaca. Paling sebel disuruh menemani tamu yang tak jelas apa maksud dan tujuannya datang bertamu. Gondok bila terpaksa berbasa-basi minta bantuan suatu hal padahal bisa aku kerjakan sendiri.

Maka walau senang dikeliling orang-orang tercinta, ke pasar bagiku adalah perjalanan seorang diri. Apa lagi jika sudah merencanakan membeli sesuatu dan akan memasak sesuatu, hanya gara-gara ide teman belanja rencana tersebut berantakan, bisa jadi itu akan membuatku makin kapok berteman ke pasar. Aku lebih suka membereskan rumah, menata perabot atau merapikan buku perpustakaan seorang diri.Meminta bantuan berarti harus berkompromi dengan selera orang lain, sesuatu yang agak diluar jangkauanku.

Tapi aku bukanlah seorang solitaire murni. Makhluk sosialku keluar dengan sendirinya jikaΒ  harus pergi melayat atau menengok orang sakit. Perisitiwa duka seperti ini terlalu berat untuk ditanggung sendirian, jadi aku membutuh teman. Dan aku juga sedikit kontradiksi. Sekalipun lebih suka beli baju sendirian, pergi ke mall tanpa ditemani juga bukan pilihanku.

Tulisan ini diikutkan pada perhelatan GIVEAWAY : Β PRIBADI MANDIRI yang diselenggarakan oleh Imelda Coutrier dan Nicamperenique.

PS:

Kalau ada yang mau mendengar lagu Solitairenya Carpenter, mareee..

Bookmark the permalink.

45 Comments

  1. Kadang saya juga pengin melakukan sendiri, kalau ke mall sendiri buat belanja masih ok lah, tp kalau makan ke mall sendiri atau nonton film di bioskop sendiri, merasa gak nyaman, kayak orang hilang hehehe πŸ˜€

  2. aku sering menyendiri. . . . banyaknya masalah yang numpuk membuat aku terus berpikir dan tak mau terganggu. . . keramaian tak membuatku merasa lega. . .

  3. Hampir sama mbak…saya lebih suka sendirian saat melihat kehidupan sosial, karena kalau banyak orang akan banyak perdebatan, tapi saya akan butuh teman ketika membayangkan ada kematian…sama dengan kalau kita anak tunggal pasti berat luar biasa mbak πŸ™

    • Aku pikir, mengapa suka sendirian mengamati kehidupan sosial orang lain, rasanya seperti dirimu deh Bli..Enggan menerima pertanyaan, apa lagi perdebatan, atau komentar-komentar yg tak sejalan dengan yang kumau. Hehehe..egois ya Bli..Tapi sesekali boleh lah…

  4. hehehe…., saya juga ga pernag main solitaire…
    semoga sukses ngontesnya ya mbak

  5. wah solitaire, kemarin juga aku nemu tulisan tentang ini mbak evi. kartu remi permainan asyikku di waktu kecil. he he biasanya kami mainkan di bulan puasa. maklum anak anak nunggu waktu dhuhur terasa cepat kalau diisi bermain dengan teman yang tidak memakan tenaga. kalau yang kalah muka hitam karena dapat hadiah jelaga coretan dari lawan yang menang. tapi apa itu yang dimaksud mbak evi? karena kartu remi gak bisa dimainkan sendiri. entah kalau berupa game online.

    • Aneka stock permainan akan dikeluarkan selama bulan puasa untuk menunggu beduq ya Mb Min. Kalau disana main solitaire, di tempatku biasanya main kerambol πŸ™‚

  6. sukses untuk kontesnya mbak… eh sy suka bgt dg Carpenter, walau gak gitu tau banyak sm lagunya πŸ™‚

  7. Kalo aku ke pasar, pasti ditemenin suami mbak, aku butuh dia soalnya dia lebih jago nawar…hahaha

  8. Kalau ke pasarnya bareng teman yang juga mau belanja, dijamin waktu belanja jadi dua kali lipat, lebih lama. Hehe…

    • Habis kalau sama teman, lebih banyak lihatannya sih Mbak Akin. Yg gak menarik jadi menarik, yang gak perlu dibahas jadi di bahas dan yang gak perlu dibeli akan dibeli. Wehhh rebeeettt …

  9. aku malah baru ttg solitaire dr postingannya Nique mbak

    semoga sukses kontesnya ya πŸ™‚

  10. Xixixixi…
    Nanti jika suatu ketika saya melihat Mbak Evi dipasar, maka saya tak akan mendekat, apalagi ngasih saran karena bisa2 apa yang sudah direncanakan jadi berantakan.
    Juga kalau Mbak Evi lagi pilih buku untuk dibaca, saya tak akan ngintip dibelakangnya…
    Saya akan mendekat dari depan atau samping saja πŸ˜€

    • berkat kecanggihan teknologi, komentar saya bisa muncul lagi meskipun tadi kehapus secara tak sengaja.
      (berarti memori saya masih cukup handal karena bisa mengingat apa yg saya tulis)

      • Hahaha..Iya, kayaknya yang atas plek 100% dengan komen pertama yg kehapus itu Pak Mars..Berarti ingatannya bikin aku envy nih Pak, secara aku sekarang mulai mengidap pelupa berat.

        Tapi kalau ketemu Pak Mars di pasar, kayaknya aku yg mendekat duluan deh…Jangan kuatir Pak..

  11. malem bunda, gak apa2 bun gak tau game ini saya temani deh πŸ™‚

  12. waah…aku juga suka Old shutterhand mbak…winetou juga (halah, malah mbahas buku lama…hehe)
    memang ada hal2 yg lebih nikmat sendiri namun ada pula kegiatan yg asyiknya rame2 ya mbak, hehe…
    sukses di GAnya Nique n mbak Imelda…

    • Kayaknya banyak juga yang besar oleh Karl May ya Mbak Mechta. Tahun 80-an was so great bahan bacaannya..Karl May cuma salah satu nama..Tks atas doanya Mbak πŸ™‚

  13. Ni Made Sri Andani

    Dulu aku penggemar pemainan Solitaire, tapi nggak ngeh bahwa nama Solitaire itu berkaitan dengan cara permainan yang dilakukan sendiri he he..
    Aku juga penggemar Carpenters dan penyuka petualangan Old Shatterhandnya Karl May, Mbak..

    Semoga sukses kontesnya ya Mbak Evi..

  14. wah solitaire again. . .. . .

  15. Idem sama mba Niq, klo belanjanya banyak…susah juga klo sendirian…

    Sukses kontesnya bu;)

  16. Waaa … solitaire di mana-mana nih πŸ™‚
    Sukses ngontesnya, Uni πŸ™‚

  17. Sesama penggemar Old Shatterhand Uni, sukses ngontesnya. Salam

    • Oh pernah masuk kedalam suku Apache dan bertemu Winnetou juga yah Mbak Prih. Hehehe..Jadi kangen pada dia..Sekarang Winnetou sdh tua kali yah, atau jabatan sebagai kepala suku sdh diganti oleh anaknya hehehe..

  18. kits sama2 ada The Carpenters ya uni he.,he..

  19. Adakala sendiri dalam melakukan sesuatu membuat lebih fokus dan langsung pada tujuan. Sendiri yang pada tempatnya ya Mbak Vi… πŸ™‚

    • Ya Mbak Lia, sendiri is simple..Gak pakai argumen, gak pake tawar2an dan penjelasan…Malas saja kalau mau pergi misalnya perlu menjelaskan alasannya mengapa tertarik pergi ke suatu tempat..Mending kalau dimengerti..Ya sdh lebih enak pergi sendirian..

  20. Kadang bisa sendiri, tapi tetap makhluk sosial hihi. πŸ™‚
    Sukses ya mbak kontesnya… πŸ˜€

  21. Kompi ini ga ada headsetnya, nanti sampai di rumah baru bisa dengarkan lagunya πŸ™‚
    Wah, mba Evi senang ke pasar sendirian ya? Belanjanya dikit apa banyak? Klo banyak kan berat tuh hehehe … aku klo dikit sih gpp ke pasar sendiri, tp klo banyak, ogah hehehe

    Terima kasih atas partisipasinya ya mba Evi πŸ™‚

    • Yah kalau belanja ke pasar biasanya sih aku gak pernah belanja banyak Mbak Nique, secukupnya saja..Lagian malas juga gotong2 kresek berat. Kalaupun belanja di pasar moderen, sayang duitnya kalau beli banyak2 hehehe..

Leave a Reply