Cumi Asam Manis

image

Sebagai penggemar cumi, saya suka makhluk laut bersayap ini dimasak apa saja. Dibakar ok, di goreng ok, apa lagi kalau dibuat asam manis seperti ini, tambah ok. Rasa gurih dari cumi segar kok ya nemu banget dengan kesegaran asam yang terdapat dalam saus sambel yang menggelimanginya. Cabe besar yang digunakan saya pikir hanya utk menambahkan rasa sengit sedikit saja pada tengah lidah. Jahe dan saus sambel lah yang paling berperan aktif membangkit selera.

Cumi asem manis ini entah digolongkan dalam kuliner etnis apa. Murni chinese food rasanya gak mungkin, ada konten indonesia di dalamnya seperti warnanya yang meriah mengigatkan orang pada cumi saus padang. Lebih tepat kalau cumi asem manis ini dikatakan masakan Indonesia saja kali ya. Seperti halnya bangsa kita yang menyatu dari berbagai etnis di nusantara, tektur krenyes tapi lembut dari daging cumi hadir berkat pertemuanย  bumbu, cita rasa dan harapan dari lidah2 yg akrab dengan masakan ibu.

Menikmati cumi asam manis tak mesti di resto. Pada warung seafood kaki lima menu ini pasti selalu tersedia. Atau bisa juga masak sendiri. Asal punya ilmu dasar memasak yakni tumis-tumis, bikin masakan ini gampang kok. Untuk resep cari di internet. Evenย  Kalau gak mau repot, minta saja pada penjual ikan agar cuminya dibersihkan sekalian. Keuntungan dari memasak sendiri, dari harga yang sama jumlah cumi yang bisa dinikmati lebih banyak. Bumbu bisa disesuaikan menurut pakem lidah keluarga. Kerugiannya ada pula, gak dijamin rasanya senikmat di resto hehe..

Bookmark the permalink.

20 Comments

  1. Huwaa…Uni, tadi pagi udh niat buka puasa nanti sore pake cumi asam manis, kok ya pas bgt nih liat gambarnya, jd tambah yakin mau masak cumi hihihihi

  2. mbak aku juga suka cumi. tapi sekarang agak berhati-hati kalau mau beli cumi. dulu aku pernah beli cumi di kedai nasi padang. waktu itu masih belum mudeng kalau cumi termasuk menu mahal. nah aku ambil aja tuh cumi. alhasil, aku mesti bayar mahal untuk menu makan siangku hari itu hahaha. jadi mesti hati-hati kalau beli cumi, lihat duit di dompet dulu, cukup atau enggak ๐Ÿ™‚

  3. waaaaaaaa……cumi-cumiiiiiiiii……………udah lama banget ga makan cumiiiii…. *ngelapiler ๐Ÿ˜€

  4. Mantep banget nih cumi … hehehe …

  5. whoaaaa jadi laperrrrrr *usep-usep perut*

  6. mmmmmmmmmm,..
    itu makanan favorit saya ketika masih kuliah mbak,
    di kantin kampus saya ada berbagai macam menu cumi,..
    salah satunya cumi asam manis itu,..

  7. Asam manis, goreng tepung ataupun oseng cabai hijau tetap suka. kekayaat alam laut yang melimpah ya Uni, selamat memasak

  8. Cumi – cumi aku juga suka apalagi kalau dibumbui dengan cabe.

  9. Ane suka cumi, tapi kalau diasam manis mending buat istri dan anak saja, Ane kuat makan pedas tapi payah kalau menghadapi rasa asam… .
    Lihat foto cumi asam manis membuat rasa lapar yang sebenarnya Ane tahan-tahan dari pagi semakin menjadi-jadi, hari ini kayaknya enak deh pakai sayur paku… .dah lama tidak makan sayur paku terakhir sewaktu di Palaembang dua bulan lalu, itupun tak bisa leluasa karena warung tempat Ane mampir makan kondisinya sberdesakan macam angkot… .
    fotonya cakep…jadi tambah lapar…. .

    • Sayur paku di beri potongan cumi asin, mantaffff itu Pak Johar. Tapi gulai paku biasanya sih juga pakai asam kandis.Tapi rasa asemnya emang gak dominan sih makanya gak dikasih nama asam-asam gula paku hehehehe…

  10. Yummi …
    Saya sangat suka cumi, udang, kerang, rajunan, ikan sungai & ikan laut…
    Gulai Kepala Kakap ada Mba’ ? he he ( jadi ingat teman kuliah yang orang batak, tapi cuma bisa makan masakan padang dan dia paling doyan Gulai Kepala Kakap… )

    Terima kasih sudah sharing Cumi Asam Manis, saya simpan dulu untuk lauk makan siang nanti :p
    Have nice day

Leave a Reply